Sabtu, 08 Oktober 2011

Cara membuat website gratis di co.cc

Situs http://www.co.cc adalah salah satu situs penyedia domain gratis berakhiran co.cc, misal: domainAnda.co.cc, situsKami.co.cc, dan lain sebagainya. Gratis dalam hal ini adalah Anda bebas menggunakan layanan-layanan yang ada di situs Co.cc dengan tidak bayar serupiahpun dalam jangka waktu maksimal 1 tahun sejak domain Anda didaftarkan.
Memang beberapa tahun yang lalu belum ada ketentuan bahwa layanan gratis ini hanya dalam waktu 1 tahun saja. Begitulah bisnis “gratisan” di dunia internet, paling tidak setelah Anda melewati masa 1 tahun, Anda harus membayar kurang lebih $3 dollar US untuk memperpanjang layanan pada domain yang bersangkutan, atau bahkan bisa lebih.
Namun keuntungan buat para donatur, Anda bisa mendapatkan kuota domain lebih dari 2, berbeda dengan pengguna tak berbayar alias gratis.
Tutorial lengkap mengenai bagaimana cara mendaftar di situs Co.cc sudah terdapat banyak di situs http://IlmuKomputer.Org , silakan Anda mencarinya. Dalam buku ini penulis hanya akan fokus pada tutorial penggunaan domain Co.cc sebagai DNS hosting.

Sebelum memulai tutorial, silakan disiapkan nama domain dan tempat hosting yang sudah Anda miliki. Untuk domain gratisan bisa Anda dapatkan di http://www.co.cc, sedangkan untuk hosting gratisan bisa Anda dapatkan salah satunya di http://tulisan.web.id atau di http://www.free-web-host.me/.
  1. Setelah Anda melakukan registrasi di Co.cc, memilih subdomain, dan sukses, Anda bisa melihat detail daftar domain Anda di Co.cc. Contoh yang telah penulis buat:
    -
    01. set up-
    Dalam hal ini penulis mempunyai domain di Co.cc yaitu http://galihhermawan.co.cc.
    -
  2. Klik menu Setup untuk mengatur domain. Akan muncul tampilan sebagai berikut yang menunjukkan ada 3 jenis layanan yang dapat Anda manfaatkan.
    -
    02. set up zone (edit)-
    Penjelasan singkatnya adalah, untuk Nomor 1 (Name Server), menyediakan layanan pengubahan name server pada tempat hosting. Anda bisa mengubah nilai di dalamnya sesuai dengan name server yang diberikan oleh pihak penyedia hosting. Kekurangannya, kalau name server sudah Anda atur di sini, maka Anda tidak bisa menghubungkan subdomain baru ke tempat hosting lain, dengan kata lain, subdomain dari domain Co.cc yang Anda buat, hanya bisa diarahkan ke tempat hosting yang sedang Anda tempati.

    Nomor 2 (Zone Records)
    , topik yang akan kita bahas, menawarkan solusi pengelolaan rekaman-rekaman domain yang lebih fleksibel, mungkin agak rumit buat para pemula, tapi insya Allah setelah Anda membaca dan praktek tutorial ini akan lebih mudah memahami. Di sini Anda bisa mengatur rekaman IP Address, MX (email), Name Server, dan lain-lain.Berikut penulis kutip dari situsnya Co.cc:
    A
    A, or address, records describe the IP that a given DNS node has.
    This has one data-dependent field: The ip for the node in question, in dotted decimal (e.g. 192.168.42.55) format.
    MX
    MX, or mail exchange, records describe the machines to contact in order to send mail to a given DNS node.
    This has two data-dependent fields: The preference for the mail exchanger (lower preferences get higher priority), and the name of the DNS node to deliver mail to.
    NS
    A NS record tells name servers which machines are in charge of a given domain zone.
    This has one data-dependent field: The name of the DNS node which a given NS record points to.

    CNAME

    CNAME records allow a machine to be known by more than one hostname.
    There must always be an A record for the machine before aliases can be added.
    The host name of a machine that is stated in an A record is called the canonical, or official name of the machine.
    Other records should point to the canonical name

    TXT

    The TXT record is used to define the Sender Policy Framework (SPF) information record which may be used to validate legitimate email sources from a domain.
    Sedangkan untuk Nomor 3 (URL Forwarding), fasilitas ini bisa Anda gunakan untuk mem-forward domain terdaftar Anda di Co.cc langsung ke domain yang Anda miliki. Pemilik website biasanya memanfaatkan fasilitas ini untuk memperpendek atau mempercantik alamat situs yang mereka miliki saat ini.

Langkah berikut adalah mengubah rekaman zone domain yang bersangkutan.

  1. Berdasarkan petunjuk pada poin-poin sebelumnya, silakan Anda pilih nomor 2. Zone Records.
    -
  2. Sebelum penulis lanjutkan, asumsi Anda sudah menyiapkan tempat hosting untuk praktikum kita ini. Berikut penulis contohkan bagaimana membuat atau menambah domain baru pada Cpanel di tempat hosting yang penulis miliki.
    -
    04. addon domain (cpanel)
    Setelah penambahan domain baru di tempat hosting yang bersangkutan sukses, Anda bisa melanjutkan ke langkah berikutnya.
    -
  3. Di tempat hosting yang penulis jadikan praktek kali ini menyediakan informasi sebagai berikut:

    dns3.vlexodns.com
    209.188.83.160
    dns4.vlexodns.com 209.188.83.161
    -
  4. Fasilitas NS (Name Server) yang biasanya dapat digunakan untuk pengaturan domain utama di DNS Hosting, ternyata di Co.cc ini tidak memungkinkan. Layanan NS dan CNAME hanya bisa digunakan pada subdomain. Solusinya, kita manfaatkan layanan rekaman A, atau penunjukkn IP Address dari tempat hosting yang bersangkutan.Maka, sebelum melanjutkan ke tutorial berikutnya, pastikan Anda mencatat informasi DNS atau IP Address dari tempat hosting Anda. Kalau IP Adress-nya tidak disediakan, Anda bisa melakukan ping pada alamat DNS yang diberikan.
    -
  5. Berikut ini data yang hendak penulis masukkan pada Zone Record.
    -
    05. setting IP
    Host diisi dengan domain terdaftar Anda di Co.cc.
    TTL: Time To Live, biarkan default, yaitu 1 D, artinya propagasi normal dapat dilakukan dalam waktu 1 hari atau 24 jam, meski pada kenyataannya hanya memerlukan beberapa menit saja (pengalaman penulis J )
    Type: tipe rekaman, pilih A, jika kita hendak memasukkan IP Address dari tempat hosting. Di sini penulis masukkan salah satu alamat IP yang disediakan.
    Value: IP Address dari tempat hosting Anda. Klik tombol Set up.
Silakan tunggu beberapa menit atau jam sampai propagasi berjalan dengan baik.
Kalau Anda ingin mengetahui dengan cepat hasil propagasinya, Anda bisa memeriksanya melalui situs yang menawarkan anonymous web proxy, seperti: http://localdomain.ws/ , http://atunnel.com , dan lain-lain.
Informasi lengkap mengenai proxy bisa Anda baca di http://en.wikipedia.org/wiki/Proxy_server
-
Membuat Sub Domain.
  1. Silakan kembali ke menu Set Up.
    -
  2. Perlu diketahui bahwa penulis hendak membuat subdomain bernama tulisan di domain yang sedang aktif sekarang. Dan penulis hendak mengarahkannya ke tempat hosting lain yang berbeda dari hosting domain utamanya. Singkatnya:
    Domain utama → http://galihhermawan.co.cc → hosting di http://Vlexo.com.
    Subdomain → http://tulisan.galihhermawan.co.cc → hosting di http://Tulisan.web.id.
    -
    Tempat hosting baru memiliki informasi sebagai berikut:
    Name server 1: ns1.tulisan.web.id
    Name server 2: ns2.tulisan.web.id
    -
  3. Berikutnya adalah memasukkan data name server.
    -
    06. setting NS subdomain
    Host, diisi nama subdomain lengkap dengan domain utamanya.
    TTL disamakan dengan tutorial sebelumnya.
    Type, pilih NS (Name Server).
    Value, diisi dengan name server dari tempat hosting yang bersangkutan.Silakan masukkan sebanyak dua kali, yaitu dengan host yang sama, namun value yang berbeda.
    -
  4. Detail informasi dari rekaman zone yang penulis miliki saat ini adalah nampak seperti pada gambar berikut:
    -
    07. setting NS subdomain 2-
  5. Done! Alhamdulillah.
    Silakan tunggu beberapa menit atau jam, maksimal sampai 2 hari agar propagasi berjalan baik. Anyway, jangan lupa membuat atau upload file index (ekstensi file silakan disesuaikan) di direktori tempat Anda hosting, baik untuk domain utama maupun subdomain.

Domain gratis yang menawarkan independensi dalam pengelolaan DNS sekarang tidak hanya dikuasai oleh http://www.co.cc saja, namun ada beberapa penyedia domain gratis yang mulai bermunculan, yaitu: http://www.nic.cz.cc/ dan http://www.co.tv/.
Tutorial pemanfaatan DNS di situs http://www.nic.cz.cc/ pada dasarnya sama dengan situs http://www.co.cc , Anda bisa mempelajarinya di http://galih.eu/2009/09/05/tutorial-pemanfaatan-dns-hosting-di-co-cc/.
Kali ini penulis akan berbagi info pada Anda bagaimana memanfaatkan layanan DNS pada penyedia domain gratis http://www.nic.cz.cc/ untuk menggantikan website blog Anda yang berada di http://blogspot.com/ biasanya kalau Anda login akan melalui website https://www.blogger.com/.
Penulis sebelum memiliki domain http://Galih.EU ini pernah memiliki blog di http://galih-hermawan.blogspot.com.
Setelah menemukan penyedia domain gratis lain, dimana salah satunya adalah http://www.nic.cz.cc/, maka penulis mencoba mengintegrasikan blog yang ada di blogspot dengan menggunakan domain http://www.nic.cz.cc/, dimana akhirnya berhasil membuat domain dengan blog baru http://galih.cz.cc yang isinya adalah bawaan dari blog penulis di Blogspot.

DAFTAR DI http://www.nic.cz.cc/.
  1. Buka situs http://www.nic.cz.cc/, dan masukkan nama domain yang Anda inginkan, sehingga nanti akan menghasilkan http://domainAnda.cz.cc.
  2. Pastikan bahwa domain yang Anda ajukan tersedia dan belum dipakai orang lain.
  3. Lengkapi formulir pendaftaran, hingga dapat konfirmasi ke email kita.
-
MODIFIKASI PENGATURAN DOMAIN DI BLOGSPOT
Berikutnya, kita akan melakukan modifikasi domain lama kita di blogspot.
  1. Login ke akun Blogspot Anda, biasanya di situs https://www.blogger.com/.
  2. Masuk ke menu Pengaturan atau Settings. Dan pilih sub menu Publikasikan.
    -

    -
  3. Klik link Domain Ubahsuaian untuk mengkostumisasi domain kita.
    -

    -
  4. Klik link Beralihlah ke pengaturan lanjut, untuk modifikasi domain tingkat lanjut.
    -
    3
    Masukkan domain Anda yang sudah terdaftar di http://www.nic.cz.cc/, misal galih.cz.cc. Kemudian simpan hasil pengaturannya. Pastikan telah muncul tulisan Selamat, blog Anda siap!
    -
PENGATURAN DNS DI http://www.nic.cz.cc/
  1. Login ke akun Anda yang baru.
  2. Silakan masuk ke menu Your Domains. Maka akan terlihat daftar domain Anda yang sudah masuk dalam sistem.
    -
    5-
  3. Klik tulisan MANAGE. Akan muncul tampilan seperti pada gambar berikut untuk pertama kalinya.
    -
    6b
    -
  4. Kemudian pilih pada opsi ketiga, yaitu Zone Records.
    Berikutnya kita masukkan nilai IP Address dan CNAME yang telah disediakan google di http://www.google.com/support/blogger/bin/answer.py?answer=55373&cbid=-1mhae6qbfo91m&src=cb&lev=answer. Singkatnya adalah, untuk Record Type CNAME, silakan content-nya Anda isi dengan ghs.google.com. Dan untuk Record Type A, silakan content-nya Anda isi dengan IP Address berikut:
    -
    216.239.32.21
    216.239.34.21

    216.239.36.21

    216.239.38.21

    -
    Isikan 4 IP Address di atas masing-masing sekali, sehingga membutuhkan 4 kali pengaturan.
    -
    4b
    -
  5. Setelah Anda masukkan seluruh rekaman CNAME dan A yang dibutuhkan, maka akan muncul di Zone Records seperti nampak pada gambar berikut.
    -
    7
    -
  6. Dan status domain akan aktif dan siap melakukan propagasi pada domain blogspot yang sudah diatur.
    -
    6
    -
  7. Menurut pengalaman penulis, ketika membuat dan mengatur domain ini, hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja, domain sudah terpropagasi dengan benar.
  8. Selamat mencoba!
Sumber : infokomputer.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar